All About World

Sabtu, 15 Oktober 2016

Istilah-istilah atau Terminologi umum pada Mikrokomputer

  • Bit
Bit merupakan singkatan dari binary digit. Bit direpresentasikan dengan nilai 0 dan 1. Ukuran bit pada komputer menunjukkan jumlah bit yang dapat diproses. Sebagai contoh, sebuah komputer 32-bit dapat memproses kata sebanyak 32 bit.
  • Arithmetic Logic Unit
Arithmetic logic unit (ALU) adalah sirkuit digital dimana dapat melakukan operasi arimatika dan logika di dua n-bit kata digital. Nilai n dapat berupa 4, 8, 16, 32 atau 64. Sebuah grup bit dinamakan kata (words) digital. Operasi yang dilakukan ALU adalah pejumlahan, pengurangan, AND, OR, dan perbandingan dua dua n-bit kata digital. Ukuran ALU didefinisikanoleh ukuran komputer. Misalnya, sebuah komputer 32-bit memiliki ALU sebanyak 32-bit.
  • Address
Address, adalah sebuah pola dengan nilai 1 dan 0, yang merepresentasikan lokasi spesifik dari sebuah memori atau perangkat input-output.
  • ROM & RAM
Read-only memory (ROM) adalah media penyimpanan kata digital dimana kontennya bersifat permanen ketika di program. ROM bersifat nonvolatile, maka konten di dalam ROM akan tetap eksis meskipun tidak ada aliran listrik.
Random access memory (RAM) adalah media penyimpanan kata digital yang tidak hanya dapat membaca isi konten, namun dapat mengubah isi konten pada address tertentu. RAM bersifat volatile, maka dibutuhkan aliran listrik untuk menyimpan konten.
  • Register
Register dapat ditinjau sebagai media penyimpanan yang volatile untuk beberapa bit. Bit ini akan diatur ke dalam register secara bersamaan atau sekuensial dari kanan ke kiri, atau kiri ke kanan, 1 bit pada satu satuan waktu.
  • Bus
Bus diartikan sebagai serangkaian konduktor atau kabel dengan jumlah tertentu, yang diorganisaskan untuk menyediakan layanan komunikasi antar elemen yang berbeda-beda di dalam sistem microcomputer. Normalnya sebuah micoprocessor memiliki sebuah address
bus, data bus dan control bus. Instruksi dari memory dan data menuju/dari memory biasanya ditransfer melalui data bus.
  • Instruction Set
Instruction set dari sebuah mikroprosessor adalah daftar perintah yang didesain untuk dieksekusi. Instruksi yang umum adalah ADD, SUBTRACT dan STORE. Jika sebuah mikroprosessor mempunyai alokasi 3 bit untuk merepresentasikan instruksi, maka mikroprosessor akan mengenali maksimum 23 atau 8 instruksi yang berbeda.
  • Clock
Microcomputer membutuhkan sinkronisasi terhadap semua komponen pendudukungnya, ini dapat dijalankan dengan bantuan clock atau timing circuits.
  • Chip
Chip adalah sebuah paket integrated circuit (IC) yang mengandung sirkuit digital.
  • Gate
Gate atau gerbang adalah operator logika seperti AND, OR dan NOT.
  • Speed Power Product
Speed power product (SPP) adalah ukuran performa dari gerbang logika (logic gate), satuannya adalah picojoule (pJ). SPP didapat dari perkalian antara kecepatan (nS) dan power dissipation atau pemborosan energi (mW) pada sebuah gerbang (gate).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.

business

recent posts

health

random posts

vehicles

Popular Posts

Blogger templates